RPP kelas 6 semester 1. IPA. materi : Faktor penyebab perubahan benda
RENCANA pELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas / Semester
: 6 /1
Pertemuan ke
:
Alokasi Waktu
: 2 x 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami faktor penyebab
perubahan benda
I.
Kompetensi Dasar
6.2 Mengidentifik-asi
faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam,
kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
II.
Indikator
● Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan
untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu
bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air.
●
Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
.
III. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan sifat – sifat dari
suatu benda/bahan
2. Menyebutkan kegunaan
masing-masing benda/bahan sesuai dengan sifat-sifatnya
IV. Materi Pembelajaran
Nama benda/bahan : kayu, karet, kaca, logam,
dan plas jendelatik
Misal : Sifat kaca : keras, tembus
pandang. Dan mudah dibentuk
Kegunaan: untuk membuat
V.
Metode Pembelajaran
-
Tanya jawab
-
Penugasan
-
Diskusi
VI. Langkah - langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal (15 menit)
-
Mengkondisikan siswa pada situasi
pembelajaran (termasuk berdo’a)
-
Apersepsi (Tanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari dan menghubungkannya dengan materi yang akan
dipelajari)
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan Inti (40 menit)
-
Setiap siswa dipersilahkan untuk
mengambil sebuah kartu yang sudah dipersiapkan guru. 5 kartu bertuliskan nama benda/bahan (ada kayu,
logam, kaca, karet, dan plastik). Sedangkan 18 kartu lagi berisi sifat – sifat
dari kelima bahan atau benda yang tertera pada 5 kartu tadi ( keras, kedap air,
lentur, dan sebagainya)
-
Setiap siswa yang mendapat kartu
bertuliskan nama bahan/benda menjadi ketua kelompok. Berdiri di depan kelas
sambil memperlihatkan kartunya.
-
Siswa yang lainnya dipersilahkan
untuk mendekati pemegang kartu bahan/benda yg sesuai dengan sifat benda yang
diterima/dipegangnya.
-
Setelah semua siswa mendapat nama
benda/bahan yang sesuai dengan sifatnya,
mereka dipersilahkan duduk berkelompok sesuai nama dengan bahan dan sifatnya.
-
Setiap kelompok secara bergantian
mempresentasikan hasil kerjanya.
-
Guru memberikan memberikan
penguatan terhadap presentasi semua kelompok
-
Kemudian guru menugaskan kelompok
untuk menempelkan kartu – kartunnya pada kertas yang telah disiapkan guru.
-
Berikutnya siswa disuruh
menuliskan kegunaan benda/ bahan tersebut sesuai dengan sifatnya.
-
Setiap kelompok diminta untuk
mempresentasikan kembali hasil kerjanya di depan kelas.
-
Setiap siswa diperbolehkan
menanggapi hasil kerja kelmpok yang dipresentasikan
-
Evaluasi
C.
Kegiatan Akhir (15 menit)
-
Menyimpulkan materi pembelajaran
-
Memberikan PR
VII. Alat/Bahan/Sumber belajar
-
Kartu nama benda/bahan dan kartu
nama sifat bahan/benda
-
Buku Sains penerbit Erlangga
VIII. Evaluasi
Jenis : Tertulis
Teknik : Post test
Bentuk : Isian singkat (soal
terlampir)
Mengetahui
Cilegon, 23 Nopember 2016
Kepala
SDN Bulakan I Guru Kelas 6
Dra.
Hj. UNDIYATI, M.Pd. HARTATI
NIP :
19690101 199212 2 008
NIP
: 19700217 199606 2 001
Komentar
Posting Komentar